Defenisi Blog
Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah yang pertama kali digunakan
oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan
istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu
diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang
mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Blog kemudian berkembang mencari bentuk sesuai dengan kemauan para
pembuatnya atau para Blogger. Blog yang pada mulanya merupakan
“catatan perjalanan†seseorang di Internet, yaitu link ke website
yang dikunjungi dan dianggap menarik, kemudian menjadi jauh lebih
menarik daripada sebuah daftar link. Hal ini disebabkan karena para
Blogger biasanya juga tidak lupa menyematkan komentar-komentar
“cerdas†mereka, pendapat-pendapat pribadi dan bahkan
mengekspresikan sarkasme mereka pada link yang mereka buat.
Dari komentar-komentar tadi biasanya Blog kemudian menjadi jendela yang
memungkinkan kita “mengintip†isi kepala dan kehidupan sehari-hari
dari penciptanya. Blog adalah cara mudah untuk mengenal kepribadian
seseorang Blogger. Topik-topik apa yang dia sukai dan tidak dia sukai,
apa yang dia pikirkan terhadap link-link yang dia pilih, apa
tanggapannya pada suatu isu. Seluruhnya biasanya tergambar jelas dari
Blog-nya. Karena itu Blog bersifat sangat personal. Roger Yim, seorang
kolumnis San Francisco Gate pada artikelnya di Februari 2001, menuliskan
bahwa sebuah Blog adalah persilangan antara diary seseorang dan daftar
link di Internet. Sedang Scott Rosenberg dalam kolomnya di majalah
online Salon pada May 1999 menyimpulkan bahwa Blog berada pada batasan
website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link tapi kurang
instrospektif dari sekedar sebuah diary yang disimpan di internet.
ketika kemudian Blog bahkan tidak lagi memuat link-link tapi hanya
berupa tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan,
hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi
Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan
Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog
dibuat untuk dibaca orang lain. Para Blogger dengan sengaja mendesain
Blog-nya dan isinya untuk dinikmati orang lain.
Pada Perkembangannya sebuah Blog tidak lagi hanya menampilkan hal-hal
yang bersifat pribadi saja, lebih dari itu saat ini para blogger
memanfaatkan halaman blog mereka untuk menelurkan, menetaskan ide-ide
kreatif mereka tentang suatu bidang yang disukainya, mengekspresikan
diri, kreasi, karya dan kemampuan mereka lewat berbagai macam artikel
dan tulisan yang diramu sedemikian rupa, mulai dari bidang yang
sederhana seperti resep masakan sampai kepada hal-hal yang rumit seperti
teknik-teknik pemrogaman sulit, Teknik hacking internet dan intranet,
desain jaringan, robotic, nuklir dan sebagainya.
Riwayat Sejarah Blog
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser
Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih
ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer
bahkan sebelum Nestcape. Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai
website pribadinya Justin’s Home Page yang kemudian berubah menjadi
Links from the Underground yang mungkin dapat disebut sebagai Blog
pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada diluar sana belumlah
seberapa. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan
pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting
untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang
Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada
waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Silicon Valley bernama Pyra Lab
meluncurkan layanan Blogger.com yang memungkinkan siapapun dengan
pengetahuan dasar tentang HTML dapat menciptakan Blog-nya sendiri secara
online dan gratis. Walaupun sebelum itu (Juli 1999) layanan membuat
Blog online dan gratis yaitu Pitas telah ada dan telah membuat Blogger
bertambah hingga ratusan, tapi jumlah Blog tidak pernah bertambah banyak
begitu rupa sehingga Blogger.com muncul di dunia per-blog-an.
Blogger.com sendiri saat ini telah memiliki hingga 100.000 Blogger yang
menggunakan layanan mereka dengan pertumbuhan jumlah sekitar 20% per
bulan. Blogger.com dan Pitas tentu tidak sendirian, layanan pembuat blog
online diberikan pula oleh Grouksoup, Edit this Page dan juga
Velocinews.
Sejak saat itu Blog kian hari kian bertambah hingga makin sulit untuk
mengikutinya. Eatonweb Portal adalah salah satu daftar Blog terlengkap
yang kini ada diantara daftar Blog lainnya. Ribuan Blog kemudian
bermunculan dan masing-masing memilih topik bahasannya sendiri, dimulai
dari bagaimana menjadi orang tua yang baik, hobi menonton film, topik
politik, kesehatan, sex, olahraga, buku komik dan macam-macam lagi.
Bahkan Blogger ada Blog tentang barang-barang aneh yang dijual di situs
lelang Ebay yang bernama Who Would By That?. Cameron Barret menulis pada
Blog-nya essay berjudul Anatomy of a Weblog yang menerangkan tema dari
Blog. “Blog seringkali sangat terfokus pada sebuah subjek unik yaitu
sebuah topik dasar dan/atau sebuah konsep yang menyatukan tema-tema
dalam Blog tersebut.†Secara sederhana topik sebuah Blog adalah daerah
kekuasan si Blogger-nya tanpa ada editor atau boss yang ikut campur,
tema segila apapun biasanya dapat kita temukan sejalan dengan makin
bermunculannya Blog di Internet. Dan ya, ide itu telah terpikirkan,
Blogger bahkan sekarang telah membuat Blog dari Blog, dan bahkan Blog
dari Blog dari Blog.
Dari sedemikian banyak Blog yang ada, Blog-Blog yang menetapkan standar
dari Blog dan terkenal sehingga memiliki penggemarnya sendiri
diantaranya yang terkenal adalah 000webhost.com
yang memberikan fasilitas webhosting gratis bagi para blogger diseluruh
dunia dengan kapasitas penyimpanan sampai dengan 350 Mega dan transfer
bandwith sampai dengan 100 Gigabyte, dilengkapi dengan fasilitas Cpanel,
sub domain, email forwarding, database mysql, web Builder, php dll,
lalu ada IZEA Perusahaan penyedia layanan Blog yang melakukan inovasi besar dalam publikasi dan komunitas blog. Melalui berbagai macam bentuk pelayanan termasuk didalamnya website SocialSpark untuk marketing halaman blog dan website Paid Blogging bagi layanan posting blog yang dibayar menjadikan IZEA
sebagai leader dalam industri pemasaran media social ini karena
layanan mereka karena memudahkan para blogger melakukan interaksi dalam
komunitas blogger dunia. Lalu Blog milik Jorn Barger, Robot Wisdom yang
disebut-sebut merupakan Blog terbesar dan paling berguna dimana dia
setiap harinya menyodorkan sekian banyak link yang dibentuk dari
ketertarikannya pada seni dan teknologi. Camworld adalah Blog populer
milik Cameron Barret seorang Desainer Interaktif dimana dia
mengkatagorikan topik-topik Blog-nya pada katagori, Random Thoughts, Web
Design dan New Media. Camworld dapat disebut sebagai Blog klasik dalam
arti Blog tersebut mengandung dosis tepat dari karakter dan opini
pribadi dicampur dengan keselektifan pemilihan link-nya.
Blog terkenal lainnya diantaranya, “Obscure Storeâ€
http://www.obscurestore.com/ milik Jim Romenesko yang menyediakan link
bertemakan berita dan gosip serta hal-hal kecil yang sedikit mengarah
pada underground movement, Lawrence Lee juga setiap hari mengupdate
Blog-nya, Tomalak’s Realm dengan link-link pada berita tentang Web
Design dan Net Business. Memepool dengan pilihan koleksi link-nya yang
unik disertai analisis cerdas juga digemari sebagai Blog yang istimewa.
Kottke.org merupakan Blog menarik milik Jason Kottke seorang Web
Designer yang tinggal di San Francisco, di Blog-nya dia menulis bahwa
Blog-nya tersebut adalah caranya mengisi waktu luang untuk menyusun
kembali tulisan-tulisan, desain-desain dan critical skill-nya. Tak lupa
juga Blog milik Dave Winer, Scripting News, salah satu Blog pertama yang
banyak memberikan link tentang pemrograman.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar